Cara Edit Background menjadi Blur dengan Mudah


Pernah melihat foto dengan efek background blur? Nah, biasanya foto tersebut dihasilkan oleh kamera-kamera DSLR. Foto dari kamera smartphone pun juga bisa loh dibuat demikian, tentunya dengan sedikit "sentuhan". Berikut langkah mudah untuk meng-editnya menjadi blur.

Buka foto yang akan di-edit menggunakan Photoshop. Versi berapa saja bisa. Setelah itu, seleksi objek utama yang akan kita pisahkan dari background-nya. Berikut langkah-langkah menyeleksinya.
Klik dan tahan pada icon yang berada di sebelah kiri. Cari sesuai gambar berikut, dan klik Pen Tool. Atau bisa juga langsung menekan tombol P pada keyboard.

Kemudian, klik di setiap tepian objek yang akan kita seleksi secara memutar sehingga kembali lagi ke titik awal. Hasil dari seleksi menggunakan Pen Tool seperti berikut.

Setelah itu, klik Path di pojok kanan bawah (berdekatan dengan Layers dan Channels) kemudian klik Load Path as Selection.

Maka hasilnya akan ada garis seleksi (seperti semut-semut kecil) di pinggiran objek.

Setelah itu, klik pada Layer 0, tekan Ctrl + J.

Ini untuk menduplikat objek yang sudah diseleksi tadi. Hasilnya menjadi seperti berikut.

Kemudian, klik pada Layer 0, dan klik Filter - Blur - Lens Blur di bagian menu atas.


Gunakan pengaturan berikut, atau bisa diubah sesuai selera seberapa blur background yang diinginkan.


Taraaaa.... Hasil yang diinginkan sudah jadi. Sekarang tinggal menyimpannya dalam bentuk PNG maupun JPEG. Caranya, klik File - Export - Export As. Nanti di bagian file format tinggal pilih PNG ataupun JPEG.


Jika ada yang masih bingung, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Selamat berkarya!

Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment